TAMAN LAUT NASIONAL BUNAKEN MANADO

artikel bunakenBunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia. Lokasinya berada di Teluk Manado, tepatnya di utara Pulau Sulawesi dan secara administratif bagian dari Kota Manado. Resmi didirikan pada 1991, Taman dengan laut sekira 8,08 km² ini adalah bagian dari Taman Nasional termasuk laut sekitar Pulau Manado Tua yaitu Siladen dan Mantehage.

Bagi Anda yang menyukai diving maka tempat ini merupakan tempat yang menakjubkan karena di sana dapat melihat berbagai kehidupan laut yang menakjubkan penuh warna-warni. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana Anda akan mendapat kesempatan berenang di bawah laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Perairan Laut Bunaken memungkinkan orang dapat dengan jelas melihat berbagai biota laut. Ada 390 spesies terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut, juga bermacam spesies alga seperti Caulaerpa, Halimeda, Padina, serta rumput laut antara lain Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides dan Thalassaodendron ciliatum. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai jenis ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Di daratan terdapat sagu, woka, silar dan kelapa. Penduduk di sekitar wilayah ini berjumlah kurang lebih 35.000 jiwa, kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang, dan rumput laut untuk diekspor. Sementara lainnya bekerja di cottage dan nahkoda kapal.

Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan yang ada di Taman Nasional Bunaken, diantaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lainnya. Anda juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian. (disbudpar-sulut)